Yang Terbaru

KILAUAN MUTIARA HIKMAH DARI NASIHAT SALAFUL UMMAH Peringatan Salafus Shalih Akan Bahayanya Bergaul Dengan Ahli Bid’ah dan Menyebut Nama Tokoh-Tokoh Mereka Bukan Ghibah


KILAUAN MUTIARA HIKMAH DARI NASIHAT SALAFUL UMMAH 
BAB 10 : Peringatan Salafus Shalih Akan Bahayanya Bergaul Dengan Ahli Bid’ah dan Menyebut Nama Tokoh-Tokoh Mereka Bukan Ghibah
  1. Abu Nu’aim berkata, Sufyan Ats Tsauri memasuki mesjid pada hari Jum’at, tiba-tiba ia melihat Al Hasan bin Shalih bin Hayy sedang shalat, beliau berkata : “Kami berlindung kepada Allah dari khusyuknya munafiq.” Lalu beliau mengambil sandalnya dan berpindah. Katanya lagi –juga dari Ats Tsauri– : “Dia itu adalah orang yang menganggap bolehnya menumpahkan darah ummat.” (At Tahdzib 2/249 nomor 516)
  2. Bisyr bin Al Harits berkata, Zaidah biasa duduk di masjid memperingatkan manusia dari Ibnu Hayy dan shahabat-shahabatnya, katanya : “Mereka itu menganggap halal menumpahkan darah kaum Muslimin.” (Ibid)
  3. Abu Shalih Al Farra’ berkata, saya menyampaikan kepada Yusuf bin Asbath dari Waki’ mengenai perkara fitnah, ia berkata : “Dia –Al Hasan bin Hayy– itu seperti gurunya.” Lalu saya berkata kepada Yusuf : “Apakah kamu tidak takut kalau ini ghibah?” Ia menjawab : “Mengapa, hai tolol? Saya lebih baik terhadap mereka dibanding bapak ibu mereka. Saya mencegah manusia beramal dengan apa yang mereka ada-adakan agar manusia tidak mengikuti pula dosa-dosa mereka itu dan orang yang menyanjung mereka justru jauh lebih berbahaya daripada mereka.” (Ibid)
  4. Abdullah bin (Al Imam) Ahmad bin Hanbal berkata, saya mendengar ayahku berkata : “Barangsiapa yang mengatakan ucapanku (lafadhku) dengan Al Quran adalah makhluk maka ini adalah ucapan yang sangat jelek dan rendah dan ini adalah perkataan orang-orang Jahmiyyah.” Saya katakan padanya : “Sesungguhnya Husain Al Karabisiy mengatakan hal ini.” Beliau berkata : “Dia dusta, semoga Allah membuka aibnya yang jelek itu. Sungguh ia telah menggantikan Bisyr Al Marisiy.” (As Sunnah li Abdillah 1/165-166 nomor 186-188)
  5. Kata beliau juga : “Saya bertanya kepada Abu Tsaur Ibrahim bin Khalid Al Kalbiy tentang Husain Al Karabisiy lalu beliau berkata dengan ucapan yang jelek dan rendah tentang Husain.” (Ibid)
  6. Abdullah berkata –lagi– : “Saya bertanya kepada Al Hasan bin Muhammad Az Za’farani tentang Husain Al Karabisiy ternyata ia mengatakan hal yang sama dengan Abu Tsaur.” (Ibid)
  7. Imam Ahmad berkata : “Bisyr Al Marisiy telah mati dan ia digantikan oleh Husain Al Karabisiy.” (Tarikh Baghdad 8/66)
  8. Dari Muhammad bin Al Hasan bin Harun Al Maushuly ia berkata, saya bertanya kepada Abu Abdillah Ahmad bin Hanbal tentang ucapan Al Karabisiy :“Ucapanku dengan Al Quran adalah makhluk.” Maka beliau berkata kepadaku : “Hai Abu Abdillah, hati-hatilah kamu, hati-hatilah kamu terhadap Al Karabisiy, jangan ajak dia bicara dan jangan pula kamu ajak bicara orang yang bicara dengannya.” Beliau ucapkan 4 atau 5 kali. (Ibid 8/65)
  9. Sampai berita kepada Umar bin Al Khaththab radliyallahu ‘anhu bahwa ada seorang laki-laki yang terkumpul pada dirinya beberapa perkara bid’ah maka beliau melarang manusia duduk dengannya. (Majmu’ Fatawa 35/414) Ibnu Taimiyyah berkata : “Maka apabila seseorang bergaul dengan orang yang jahat secara rahasia tetap harus diperingatkan manusia darinya.” (Ibid)
  10. Ayyub As Sikhtiyani berkata, Abu Qilabah berkata kepadaku : “Jangan beri kesempatan ahli ahwa’ itu mendengar sesuatu dari kamu nanti ia akan melontarkan terhadapnya apa yang mereka kehendaki.” (Al Lalikai 1/134 nomor 246 dan Al Ibanah 2/445 nomor 397)
——————————————–
Alih Bahasa: Al-Ustadz Idral Harits
http://pelajaranforumkis.com/2014/09/26/peringatan-salafus-shalih-akan-bahayanya-bergaul-dengan-ahli-bidah-dan-menyebut-nama-tokoh-tokoh-mereka-bukan-ghibah/