.

Yang Terbaru

BENARKAH GERAKAN WAHABI MEMBERONTAK TERHADAP DAULAH ‘UTSMANIYYAH?? (2)

PEGANGLAH SUNNAH DENGAN KOKOH

Semata-mata atas berkat rahmat Allah dan karunia-Nya, gerakan dakwah Tauhid yang dikibarkan oleh al-Mujaddid asy-Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab — rahimahullah — di Najd, dengan dukungan al-Amir Muhammad bin Sa’ud — rahimahullah —  berhasil menegakkan Daulah Islamiyyah SAUDI ARABIA. Sebagai wujud upaya menegakkan Tauhid di muka bumi dan melaksanakan Syari’at Islam. Yang membawa membawa misiRAHMATAN LIL ‘ALAMIN. Di antara buah nyata dakwah ini adalah memberikan pencerahan dan membangkitkan semangat berjihad melawan penjajahan dan terorisme bangsa kafir Eropa. Pengaruh nyata itu juga dirasakan hingga di Nusantara ini. Banyak pihak yang memutarbalikkan fakta. Di antaranya dengan cara menuding bahwa dakwah “Wahhabi” dengan aktivitasnya telah melakukan pemberontakkan terhadap Daulah ‘Utsmaniyyah. Benarkah demikian?
Berikut penjelasan asy-Syaikh al-‘Allamah ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullah : “asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil Wahhab TIDAK MEMBERONTAK terhadap Daulah Khilafah ‘Utsmaniyyah — sebagaimana yang aku tahu dan aku yakini — Ketika itu di wilayah NajdTIDAK ADA kepemimpinan atau pemerintah di bawah Turki. Namun yang ada di Najd ketaka itu adalah pemerintahan-pemerintahan kecil dan desa-desa yang terpisah-pisah. Masing-masing negeri atau desa — sekecil apapun — ada pimpinan/penguasanya sendiri terpisah dari lainnnya (merdeka). … Antara pemerintahan-pemerintahan itu saling berperang, bertempur, dan bertentangan. Jadi Asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdil WahhabTIDAK MEMBERONTAK terhadap Daulah Khilafah. Hanya saja beliau tidak setuju dengan berbagai kondisi yang rusak di negerinya sendiri. Maka beliau berjihad di jalan Allah dengan sebenar-benar jihad. Senantiasa bersabar dan terus bersabar, hingga cahaya dakwah ini membentang hingga ke negeri-negeri lainnya. … .”
Nadwah “Tajdid al-Fikr al-Islami”.
Ceramah ini beliau sampaikan di ruang pertemuan di Universitas al-Malik Su’ud tahun 1402 H
شبهة مفادها أن الشيخ المجدد الإمام محمد بن عبد الوهاب رحمه الله تعالى قام بالخروج على الدولة العثمانية
قال سماحة الشيخ عبد العزيز بن عبد الله بن باز رحمه الله في جوابه على هذه الشبهة :
(
لم يخرج الشيخ محمد بن عبد الوهاب على دولة الخلافة العثمانية – فيما أعلم وأعتقد -، فلم يكن في نجد رئاسة ولا إمارة للأتراك بل كانت نجد إمارات صغيرة وقرى متناثرة، وعلى كل بلدة أو قرية – مهما صغرت – أمير مستقل … وهي إمارات بينها قتال وحروب ومشاجرات، والشيخ محمد بن عبد الوهاب لم يخرج على دولة الخلافة، وإنما خرج على أوضاع فاسدة في بلده، فجاهد في الله حق جهاده وصابر وثابر حتى امتد نور هذه الدعوة إلى البلاد الأخرى …)
(ندوة تجديد الفكر الإسلامي، ألقيت في قاعة المحاضرات بجامعة الملك سعود، 1402هـ، (مسجلة على أشرطة كاسيت).
http://www.manhajul-anbiya.net/benarkah-gerakan-wahabi-memberontak-terhadap-daulah-utsmaniyyah/