.

Yang Terbaru

SEBAB-SEBAB BERTAMBAHNYA IMAN

Memohon Husnul Khatimah di Kala Fitnah

asy-Syaikh Muhammad Al-‘Utsaimin rahimahullah berkata :

Untuk bertambahnya iman ada sebab-sebabnya, (di antaranya) :
SEBAB PERTAMA; Mengenal Allah Ta’ala dengan nama- nama-Nya dan sifat-sifat-Nya.  Seseorang yang semakin mengenal Allah, nama-nama-Na, dan sifat-sifat-Nya, maka tidak diragukan lagi akan bertambah imannya. Oleh karena itu engkau akan mendapatkan ahlul ilmi (ulama) yang mengetahui dari nama-nama dan sifat-sifat Allah apa yang tidak diketahui oleh selainnya, engkau mendapati mereka lebih kuat keimanannya dibandingkan selain mereka dari sisi ini.
SEBAB KEDUA : memperhatikan ayat-ayat Allah yang kauniyyah dan ayat-ayat syar’iyyah. Maka setiap kali seseorang memperhatikan ayat-ayat kauniyyah, yaitu makhluk-makhluk-Nya, akan bertambah keimanannya.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
( وفي الأرض آيات للموقنين وفي أنفسكم أفلا تبصرون )
Dan di bumi terdapat tanda-tanda (kebesaran-Nya) bagi orang-orang yang yakin, dan juga pada diri-diri kalian sendiri (ada tanda-tanda kebesaran Allah), apakah kalian tiada memperhatikan?” (adz-Dzariyat : 20-21)
Ayat-ayat (dalam al-Qur’an) yang menunjukkan hal ini  sangat banyak, yakni ayat-ayat yang menunjukkan bahwa seorang dengan mentadabburi dan merenungkan apa yang ada di alam ini akan bertambah imannya.
SEBAB KETIGA : memperbanyak ketaatan,  seseorang setiap kali bertambah ketaatannya maka dengan itu akan  bertambah pula imannya, baik ketaatan berbentuk ucapan atau perbuatan. Jadi,
Dzikir akan menambah keimanan secara kuantitas (jumlah) dan kualitas (mutu). Begitu pula shalat, puasa, dan haji juga akan menambah keimanan secara kuantitas (jumlah) dan kualitas (mutu).
Majmu’ Fatawa Ibn ‘Utsaimin 1/49
http://www.manhajul-anbiya.net/sebab-sebab-bertambahnya-iman/