Yang Terbaru

Al Ushul Ats Tsalaatsah : Mukaddimah

Al Ushul Ats Tsalaatsah : Mukaddimah


BELAJAR AQIDAH SHAHIHAH DARI KITAB AL USHUL ATS TSALATSAH
MUQODDIMAH
Segala puji dan syukur bagi Allah Ta’ala yang telah memberikan dan menganugerahkan kenikmatan yang paling agung dari kenikmatan-kenikmatan yang diberikan-Nya kepada kita, yaitu kenikmatan Islam. Islam adalah agama yang hak dan tidak ada agama yang diridhai disisi Allah kecuali agama Islam. Allah Ta’ala berfirman:
{إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ}
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.” [QS. Alu ‘Imran: 19]
Dan Allah Ta’ala berfirman pula:
{وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ}
“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”[QS. Alu ‘Imran: 85]
Perkara yang paling penting yang wajib diketahui oleh seorang muslim dalam agamanya adalah dia mengenal Sang Penciptanya dan mengenal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang diutus Allah kepada kita dengan sebenar-benarnya serta mengenal hakekat agama islam yang dipeluknya. Tiga perkara inilah yang akan ditanyakan kepada manusia di alam kuburnya nanti. Barangsiapa yang mengilmuinya dengan keimanan dan keyakinan yang benar, dan disertai dengan amalan shalih di dunia maka Allah akan kuatkan dan mudahkan lisannya untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut di alam kuburnya.
يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ
“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.” [QS. Ibrahim: 27]
Wahai saudaraku!
Kelihatannya dalam pandanganmu sangat ringan menjawab tiga pertanyaan tersebut; Siapa Rabbmu? Allah, apa agamamu? Islam, siapa laki-laki yang diutus Allah kepadamu? Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sampai-sampai para pengekor hawa nafsu dan pengikut kebatilan mengejek sambil berkata: “Untuk apa belajar tiga perkara ini, anak TK saja kalau ditanya masalah ini bisa menjawabnya!”
Tidak wahai saudaraku!
Kenyataan di alam kubur nanti tidak seringan yang kita bayangkan, karena semua itu tergantung dengan iman dan amalan shalih dia di dunia.
Barangsiapa yang bagus amalannya di dunia, maka malaikat yang datang kepadanya nanti adalah malaikat yang bagus rupanya dan sejuk mata memandangnya serta lembut perkataannya. Namun barangsiapa yang buruk amalannya di dunia, maka malaikat yang datang kepadanya adalah malaikat yang buruk mukanya dan seram mata memandangnya serta bengis perkataannya, sebagaimana dikisahkan dalam hadits Al Bara’ yang diriwayatkan Abu Bakr bin Abi Syaibah, dishahihkan oleh Syaikh Muqbil dalam Ash Shahihul Musnad no 141.
Iman seseorang kepada Allah dan Rasul-Nya, dan keyakinannya dengan agamanya akan menjadi kuat disaat dia betul-betul mengilmui tiga perkara penting ini dan mengamalkannya. Karena tidaklah akan tumbuh keimanan pada hati seseorang kecuali dibangun diatas ilmu tentang apa yang dia imani.
Maka barangsiapa yang telah mengenal Allah dan Rasul-Nya maka pasti dia akan terdorong untuk segera menjalankan segala perintah Allah dan Rasul-Nya dan meninggalkan segala larangannya. Demikian pula barangsiapa yang telah mengenal hakikat agama islam dan keutamaannya serta syariatnya, maka dia tidak akan melirik kepada agama selain islam dan tidak akan goyah dalam menghadapi segala bentuk fitnah, baik fitnah syubhat maupun fitnah syahwat.
Allah Ta’ala berfirman:
يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلَامِ وَيُخْرِجُهُمْ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِهِ وَيَهْدِيهِمْ إِلَى} {صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
“Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” [QS. Al Maidah: 16]
Dan Allah Ta’ala berfirman pula:
{فَإِمَّا يَأْتِيَنَّكُمْ مِنِّي هُدًى فَمَنِ اتَّبَعَ هُدَايَ فَلَا يَضِلُّ وَلَا يَشْقَى}
“Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa yang mengikut petunjuk-Ku, dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.” [Thaahaa: 123]
Berkata Ibnu ‘Abbas_radhiyallahu ‘anhuma: “dia tidak akan sesat di dunia dan tidak akan celaka di Akherat nanti.” [Tafsir Ibnu Katsir Juz 5 hal 322]
Oleh karena itu, maka saya ingin mengajak saudaraku sekalian pada kesempatan ini, untuk kita mengkaji bersama-sama sebuah kitab yang agung yang ditulis oleh pembaharu umat ini: “Syaikhul Islam Muhammad bin Abdul Wahhab bin Sulaiman Abu Abdillah At Tamimi_rahimahullah”. Sebuah kitab yang membahas tiga landasan pokok yang sangat penting untuk seorang muslim mengilmuinya, kitab tersebut diberi nama “Al Ushul Ats Tsalaatsah”. Sungguh apabila kita mempelajari kitab ini dengan baik, maka akan memperkuat iman dan amalan kita.
Kita memohon kepada Allah Ta’ala untuk menjadikan kajian kitab ini membawa keberkahan dan manfaat bagi kita khushusnya dan kaum muslimin pada umumnya.
Segala kebenaran dalam kajian kita ini adalah semata-mata datangnya dari Allah Ta’ala, dan adapun segala kesalahan dan kekurangan yang ada pada kajian kita ini, semua datangnya dari setan dan kebodohan saya yang masih harus banyak belajar.
Semoga Allah mengampuni segala kesalahan saya dan juga kaum muslimin dan semoga Allah senantiasa memberikan kita taufiq dan hidayah-Nya untuk selalu berjalan diatas Al haq sampai kita menghadap-Nya.
وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
ditulis oleh   Abu ‘Ubaidah Iqbal bin Damiri Al Jawi, 6 Rabi’ul Awwal 1435/ 7 Januari 2013_di Daarul Hadits_Al Fiyusy_Harasahallah]


https://pelajaranforumkis.wordpress.com/2014/06/25/mukaddimah/


•┈┈••••○○❁💎🖌💎❁○○••••┈┈•

┏━━━━❃❀❃━❃❀❃━━━━┓
      📝BELAJAR MANHAJ SALAF📝
           ~ Channel & Whatsapp ~
┗━━━━❃❀❃━❃❀❃━━━━┛

📕❁ Berbagi Faedah Ilmu Syar'i sesuai  KITABULLAH & SUNNAH sebagai bekal meniti AL-HAQ ❁📌

🌐 Situs kami :
http://wa-bms.blogspot.co.id
http://assalafiyyat.blogspot.co.id
http://muslimahsalafiyat.blogspot.co.id

•┈┈••••○○❁💎🖌💎❁○○••••┈┈•