.

Yang Terbaru

BOLEH -BAHKAN WAJIB- membicarakan/mencela ahli bid’ah

http://wa-bms.blogspot.co.id


Ensiklopedia Manhaj
من يجوز نقدهم وتجريحهم وتحذير الناس من ضررهم ؟؟؟!!!!!
أولا : أهل البدع :ويجوز -بل يجب-
الكلام في أهل البدع والتحذير منهم ومن بدعهم أفراداً و جماعات، الماضون منهم والحاضرون: من الخوارج، والروافض، والجهمية، والمرجئة، والكرامية، و أهل الكلام الذين جرهم علم الكلام إلى عقائد فاسدة[١] مثل تعطيل صفات الله أو بعضها[٢] فهؤلاء يجب التحذير منهم، ومن كتبهم وطرقهم الضالة وما أكثرها، وكذلك من سار على نهجهم من الفرق -الجماعات- المعاصرة ممن باين أهل التوحيد والسنة ونابذهم، وجانب مناهجهم بل حاربها ونفر عنها وعن أهلها، ويلحق بهم من يناصرهم، ويدافع عنهم، ويذكر محاسنهم، ويشيد بها، ويشيد بشخصياتهم، وزعمائهم، وقد يفضل مناهجهم على منهج أهل التوحيد و السنة والجماعة.
[١] : وحكى شيخ الإسلام ابن تيمية اتفاق المسلمين عله
[٢] : وكذلك أهل التصوف إلا من نسب عليهم وهو في حقيقته ومنهجه ليس منهم، من الذين شهد لهم أئمة الإسلام بالفضل والاستقامة والتمسك بالكتاب والسنة.
✏ Siapa yang boleh dikritik dan dicela serta diperingatkan manusia dari bahaya mereka ???!!!!!
Pertama: AHLI BID’AH.
Dan BOLEH -BAHKAN WAJIB- membicarakan/mencela ahli bid’ah dan waspada terhadap mereka dan dari bid’ah mereka baik individu maupun kelompok, yang sudah lama dari mereka maupun yang masih baru, diantara mereka dari khawarij, rafidhah, jahmiyah, murji’ah, al-karamiyah, dan ahli kalam yang ilmu tersebut menyeret/menjerumuskan mereka kepada/kedalam aqidah yang rusak[1] seperti dengan meniadakan sifat-sifat Allah atau sebagiannya[2].
Maka mereka itulah yang (kita) wajib waspa terhadap mereka, dan dari kitab-kitab mereka dan jalan-jalan mereka yang begitu sesat.
Dan demikian pula bagi siapa/orang yang menempuh manhaj mereka dari berbagai kelompok -jama’ah-jama’ah- dimasa ini yang mereka meninggalkan ahli tauhid dan sunnah dan menyelisihi mereka (ahli tauhid dan sunnah) serta menjauhi manhaj mereka. Bahkan mereka (pengikut ahli bid’ah ini) memerangi (ahli tauhid dan sunnah tadi) serta menjauhkan diri dari manhaj tersebut dan dari pengikutnya.
Dan menyusul kemudian yang menolong serta membela mereka, dan menyebutkan kebaikan mereka, serta menyanjung mereka. Kemudian memuji tokoh-tokoh dan pemimpin mereka serta mengutamakan manhaj mereka diatas/daripada manhaj ahli tauhid dan sunnah wal jamaah.
Catatan Kaki:
[1] Syaikhul Islam ibn Taimiyah mengisahkan kesepakatan kaum muslimin atas hal tersebut.
[2] Demikian pula ahli tasawwuf kecuali yang menisbahkan kepada mereka dalam keadaan pada hakikatnya dan manhaj mereka bukan bagian dari mereka, yaitu orang-orang yang para imam-imam islam mempersaksikan mereka dengan keutamaan, istiqomah, dan berpegang teguhnya mereka dengan kitab dan sunnah.
Di nukil dr kitab:
“منهج أهل السنة والجماعة في نقد الرجال والكتب والطوائف”
Karya:
فضيلة الشيخ ربيع بن هادي عمير المدخلي حفظه الله ورعاه
Alih bahasa :
Abdullah Waqii’ Al-Jawy,
Saudi Arabia
================
Ittiba'us Sunnah