Yang Terbaru

MENGENAL KELOMPOK dan TOKOH SESAT ( 2 )


“Aku mengenali kejelekan, bukan untuk berbuat jelek. Tapi agar aku bisa terhindar darinya.”
QUTHBIYYUN
Mereka adalah sekelompok orang yang sangat senang membaca buku-buku Sayyid Quthb, kemudian mengambil semua yang ada di dalamnya, baik kebenaran maupun kebatilan. Mereka pun membela Sayyid Quthb apabila ada seorang yang mengkiritiknya, meskipun kebenaran ada pada pihak sang pengkritik.
Sebagaimana diketahui, bahwa Sayyid Quthb bukan seorang tokoh ilmu agama. Asalnya dia adalah seorang sastrawan, kemudian dia mengambil madzhab Asy’ariyyah, yang merupakan madzhab Takwil (penyimpangan makna) – sebagaimana para ‘ulama Mesir lainnya – Pada Sayyid Quthb terdapat kesalahan-kesalahan FATAL dan BERAT. Maka tampillah tokoh-tokoh besar dari kalangan ‘ulama menjelaskan berbagai kesalahan-kesalahan tersebut. Tatkala para ‘ulama tersebut menjelaskan berbagai kesalahan Sayyid Quthb, muncullah pembelaan dari para Quthbiyyin dalam bentuk kritik, celaan, dan caci maki terhadap para ‘ulama tersebut. Hasbunallah wa ni’mal wakil.
Prinsip dasar : kondisi para tokoh itu akan bisa diketahui/dinilai berdasarkan al-Haq, bukan al-Haq dinilai berdasarkan para tokoh. Maka wajib atas kita untuk mengambil al-Haq, dan kita beragama untuk Allah dengan al-Haq tersebut. Wajib atas kita meninggalkan setiap orang yang menempuh manhaj yang bid’ah. Kita menjadikan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai tauladan kita, demikian pula para Khalifah beliau, para shahabat, dan generasi yang mengikuti mereka dengan baik dari kalangan para imam pembawa petunjuk.
Sumber
Kitab al-Fatawa al-Jaliyyah ‘an As-ilah al-Manahij ad-Da’wiyyah, asy-Syaikh Ahmad bin Yahya an-Najmi rahimahullah, hal. 101~ 113
WhatsApp Miratsul Anbiya Indonesia