.

Yang Terbaru

MAKNA HADITS: “Telah Sempurna Setengah Agamanya”

MAKNA HADITS: “Telah Sempurna Setengah Agamanya”



Silsilah Fiqih Keluarga

Fadhilatus Syaikh DR. Muhammad Bazmul حفظه اللّٰه تعالى :
PERTANYAAN:
Sabda rasulullah ﷺ :
إذا تزوج العبد، فقد استكمل نصف الدين، فليتق الله فيما بقي
Apabila seorang hamba menikah, maka telah sempurna setengah agamanya, maka hendaklah dia bertakwa kepada Allah pada sisa lainnya.”.
Disebutkan oleh Syaikh Albani  rahimahullah di dalam As-Silsilah As-Shahihah  pada no. (625).
Apa makna sabda beliau ﷺ:  “maka telah sempurna setengah agamanya“?.
JAWABAN:
❝Bukan yang dimaksud dengan “setengah” adalah setengah, sesungguhnya yang dimaksud hanyalah dia telah mendapatkan sebahagian agamanya.
Dan yang semisal itu ialah apa yang diriwayatkan oleh imam Muslim pada no. (223) dari Abu Musa Al-Asy’ari berkata: telah bersabda rasulullah ﷺ :
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالصَّلَاةُ نُورٌ وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا
Bersuci adalah setengah dari iman, alhamdulillah memenuhi timbangan, subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi, atau memenuhi ruang antara langit dan bumi, shalat adalah cahaya, sedekah adalah petunjuk, kesabaran adalah sinar, dan al-Qur’an adalah hujjah bagimu atau bumerang bagimu. Setiap manusia berangkat di pagi hari, maka ada yang menjual dirinya sehingga membebaskannya atau membinasakannya.”.
Maka bersuci adalah sebagian dari keimanan, dan sebagian dari shalat serta syaratnya shalat.
Dan menikah akan menjadikan muslim dapat menjaga kemaluannya, menyibukkan dirinya dengan mencari rezeki agar dapat memberikan nafkah, sehingga dengan itu dia menjadi tersibukkan dari membicarakan dengan lisannya perkara yang tidak bermanfaat baginya, akan terwujudkan karenanya tercegahnya kerusakan yang banyak yang akan kembali kepada perkara ini, dan akan terjaga baginya penjagaan berbagai kemaslahatan dan harapan kesempurnaan, maka hendaklah dia bertakwa kepada Allah pada yang demikian.❞.
Dinukil dari channel telegram Syaikh Muhammad Bazmul hafizhahullah.
——————————————————
: سؤال
قوله صلى الله عليه وسلم : “إذا تزوج العبد، فقد استكمل نصف الدين، فليتق الله فيما بقي“. ذكره الألباني في سلسلته الصحيحه تحت رقم (625). ما معنى قوله صلى الله عليه وسلم: “فقد استكمل شطر دينه”؟
: الجواب
ليس المراد بالشطر النصف، إنما المراد أنه قد حصل بعض دينه،  ومثل ذلك ما أخرجه مسلم تحت رقم (223) عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ، وَسُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ – أَوْ تَمْلَأُ – مَا بَيْنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، وَالصَّلَاةُ نُورٌ، وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ، وَالْقُرْآنُ حُجَّةٌ لَكَ أَوْ عَلَيْكَ، كُلُّ النَّاسِ يَغْدُو فَبَايِعٌ نَفْسَهُ فَمُعْتِقُهَا أَوْ مُوبِقُهَا». فالطهور بعض الإيمان، وبعض الصلاة وشرطها
والزواج يحفظ به المسلم فرجه ، ويشغله بطلب الرزق للقيام بالنفقة، فينشغل بذلك عن الخوض بلسانه عن ما لا يعنيه ، ويحقق به دفع مفاسد عديدة ترجع إلى هذا ، ويبقى عليه أن يحفظ المصالح ويطلب التكميلات ، فليتق الله في ذلك
 http://ahlussunnahkarawang.com/?p=4278