Pertanyaaan:
Sebagian kaum muslimin terbiasa menentukan dan memastikan bahwa malam 27 Ramadhan adalah Lailatul Qadr. Apakah di sana terdapat dasar dan dalil dalam penentuan tersebut?
Jawaban:
Benar, penentuan tersebut memiliki dasar dan dalil. Yaitu, bahwa malam 27 Ramadhan adalah malam paling diharapkan padanya Lailatul Qadr. Sebagaimana hal tersebut datang dalam shahih Muslim, dari hadits Ubay bin Ka’ab _radhiallahu ‘anhu_.
Akan tetapi, pendapat terkuat dari pendapat-pendapat para ulama yang mencapai lebih dari 40 pendapat, bahwa malam Lailatul Qadr terdapat di 10 terakhir bulan Ramadhan, terkhusus pada tujuh terakhirnya.
Terkadang (Lailatul Qadr) jatuh pada: Malam ke 27, atau malam ke 25, atau malam ke 23, atau malam ke 29, atau malam ke 26, atau malam ke 24.
Oleh karena itu hendaknya bagi seseorang untuk bersungguh-sungguh di setiap malam seluruhnya, sehingga dia tidak terhalangi dari keutamaan dan pahalanya (Lailatul Qadr).
Allah ta’ala berfirman:
{إِنَّآ أَنزَلْنَـهُ فِى لَيْلَةٍ مُّبَـرَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ }
[الدخان: 3]
_”Sesungguhnya Kami turunkan (Al-Quran) pada malam (Lailatul Qadr) yang penuh berkah. Sesungguhnya kami telah memperingatkan manusia“_ Q.S. Ad-Dukhan: 2.
Allah _‘Azza wa Jalla_ juga berfirman:
{إِنَّا أَنزَلْنَـهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ * وَمَآ أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ * تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ * سَـلامٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ }
[سورة القدر].
_”Sesungguhnya Kami turunkan (Al-Quran) pada malam Lailatul Qadr * Tahukah kamu apa itu malam Lailatul Qadr? * Lailatul Qadr adalah sebuah malam, (amalan shalih padanya) lebih baik dari amalan pada 1000 bulan (tanpa Lailatul Qadr) * Para malikat beserta malaikat Jibril ‘alaihimus salam turun padanya dengan izin Rabb mereka pada setiap ketentuan taqdir pada tahun tersebut * Malam penuh dengan kesejahteraan, tidak ada kejelekan padanya hingga terbitnya fajar“._
Q. S. Al-Qadr: 1-5.
سؤال:
اعتاد بعض المسلمين وصف ليلة سبع وعشرين من رمضان بأنها ليلة القدر، فهل لهذا التحديد أصل وهل عليه دليل ؟
جواب:
نعم لهذا التحديد أصل، وهو أن ليلة سبع وعشرين أرجى ما تكون ليلة للقدر كما جاء ذلك في صحيح مسلم من حديث أُبي بن كعب رضي الله عنه. ولكن القول الراجح من أقوال أهل العلم التي بلغت فوق أربعين قولاً أن ليلة القدر في العشر الأواخر ولاسيما في السبع الأواخر منها، فقد تكون ليلة سبع وعشرين، وقد تكون ليلة خمس وعشرين، وقد تكون ليلة ثلاث وعشرين، وقد تكون ليلة تسع وعشرين، وقد تكون ليلة الثامن والعشرين، وقد تكون ليلة السادس والعشرين، وقد تكون ليلة الرابع والعشرين.
ولذلك ينبغي للإنسان أن يجتهد في كل الليالي حتى لا يحرم من فضلها وأجرها؛ فقد قال الله تعالى: {إِنَّآ أَنزَلْنَـهُ فِى لَيْلَةٍ مُّبَـرَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ } [الدخان: 3].. وقال عز وجل: {إِنَّا أَنزَلْنَـهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ * وَمَآ أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ * لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ * تَنَزَّلُ الْمَلائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ * سَـلامٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ } [سورة القدر].
فضيلة الشيخ العلامة: محمد بن صالح العثيمين
المصدر:
http://www.sahab.net/forums/index.php?showtopic=62006.
http://www.manhajul-anbiya.net/benarkah-malam-ke-27-ramadhan-adalah-lailatul-qadr/
BELAJAR MANHAJ SALAF (channel & whatsapp BMS)
Situs kami :